London – Tottenham Hotspur cuma sampai babak 32 besar Liga Europa setelah disingkirkan klub Belgia Gent. The Lilywhites bertekuk lutut agregat total 2-3 usai main sebanding 2-2 di leg kedua.

Pada laga yang dihelat di White Hart Lane, Jumat (24/2/2017) dinihari WIB, Spurs yang butuh kemenangan usai bertekuk lutut 0-1 di leg pertama bermain full team dan menekan Gent sejak menit awal.

Hasilnya didapat di menit ke-10 ketika Christian Eriksen mencetak gol pembuka kemenangan yang membuat agregat samakuat 1-1.

Foto: Reuters / Paul Childs

Bola panjang dari lini belakang Spurs membuat benteng Gent kocar-kacir dan Eriksen yang mengejar bola dengan mudah menceploskannya melewati sela kaki penjaga gawang.

Spurs tampaknya akan mampu mendomainasi permainan ketika mereka menciptakan peluang lagi di menit ke-12 sepakan voli Dele Alli malah melebar.

Gent yang terus diserang malah menyamakan skor jadi 1-1 pada menit ke-20. Diawal korner,terjadilah kemelut di benteng Spurs dan Harry Kane yang hendak membuang bola malah mengarahkan ke gawang sendiri. Spurs harus bikin dua gol untuk bisa lolos dalam kondisi seperti ini.

Spurs Disingkirkan GentFoto: Reuters / Paul Childs

Spurs punya kans bikin gol lagi pada menit ke-35 lewat Kyle Walker tapi sepakannya bisa ditepis Lovre Kalinic.

Hendak mengejar ketertinggalan, Spurs malah harus kehilangan Alli yang mendapat kartu merah karena menekel Brecht Dejaeger pada menit ke-38.

Spurs Disingkirkan GentFoto: Reuters / Paul Childs

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua Spurs yang bermain minus satu orang malah lebih agresif untuk menekan dan berusaha mencari gol sebanyak mungkin.

Untuk mempertajam serangan, Spurs memainkan Song-Heun Min menggantikan Ben Davies. Masuknya Son memang bikin Spurs lebih agresif dalam menekan benteng Gent.

Umpan Son pada menit 60 atau dua menit setelah masuk lapangan nyaris dimanfaatkan Eriksen jadi gol andaikan tidak ada Kane yang menghalangi.

Spurs lantas unggul lagi pada menit ke-61 lewat Wanyama usai meneruskan umpan flick Eriksen dengan sepakan first time jarak dekatnya. Dengan keunggulan 2-1, Spurs hanya butuh satu gol untuk lolos.

Spurs Disingkirkan GentFoto: Reuters / Paul Childs

Di menit ke-66 Eriksen yang mendapat umpan terobosan Kane punya ruang tembak namun dengan cepat ditutup bek Gent.

Masuk di menit ke-69, Kalinic menjadi tembok tebal di bawah mistar usai mengamankan bola korner Spurs yang membentur rekannya. Walker juga punya kans bikin gol tapi bola menyasar sisi gawang.

Di menit ke-74 Gent mendapat peluang tapi tandukan Moses Simon dari jarak dekat malah melebar.

Bencana untuk Spurs datang pada menit ke-82 ketika tim tamu menyamakan skor jadi 2-2 sekaligus membuat mereka unggul agregat 3-2. Dari serangan balik, Coulibaly mengirim umpan ke tengah kotak penalti tapi membentur Eric Dier. Bola liar pun disambar Jeremy Perbet yang juga membentur Dier dan bersarang di jala Hugo Lloris.

Spurs Disingkirkan GentFoto: Reuters / Paul Childs

Spurs yang berusaha mencari dua gol tambahan untuk lolos gagal memaksimalkan peluang yang didapat dan akhirnya harus tersingkir di akhir pertandingan. Spurs bertekuk lutut agregat total 2-3 usai takluk 0-1 di leg pertama.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris; Dier (Janssen 89′), Alderweireld, Vertonghen; Walker, Wanyama, Dembele (Winks 75′), Davies (Son 58′); Eriksen, Alli; Kane.

Gent: Kalinic; Gigot, Mitrovic, Gershon; Foket, Esiti, Dejaegere (Verstraete 56′), Saief; Milicevic (Matton 46′), Simon (Perbet 75′); Coulibaly.

(mrp/nds)


NO COMMENTS