Jakarta – Untuk kali pertama sepanjang sejarah Alaves masuk ke final Copa del Rey. Malang buat mereka, lawan yang dihadapi adalah The Catalans, yang sudah 38 kali berlaga di final.

Kamis (9/2/2017) dinihari tadi Alaves meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0 saat berhadapan dengan Celta Vigo. Hasil laga tersebut mengantar klub tersebut melangkah ke final Copa del Rey untuk berhadapan dengan Barca, yang sehari sebelumnya mendepak Atletico Madrid.

Meski sudah berusia 96 tahun, Alaves sama sekali belum pernah masuk ke final Copa del Rey. Klub tersebut memang lebih banyak berada di Divisi 2 dan 3 Liga Spanyol.

Fakta lain dari klub dari Kota Alava ini: Copa del Rey 2016/2017 adalah pertandingan final pertama mereka sejak 2001 saat berhadapan dengan The Reds di final Piala UEFA.

Kondisi yang sangat kontras ada di kubu The Catalans. Final Copa del Rey 2016/2017 ini adalah final Barca ke 39. Dari seluruh kesempatan tersebut The Catalans menuntaskan 28 di antaranya dengan menjadi juara.

Perbedaan besar antara The Catalans dengan Alaves juga sangat lebar jika membicarakan kondisi keuangan.

Musim ini Alaves hanya memiliki dana sebesar 49,3 juta euro (sekitar Rp 700,2 miliar). Sementara Barca punya dana 695 juta euro (sekitar Rp 9,8 triliun). Itu artinya kekuatan keuangan kedua klub adalah sebesar Rp 9,1 triliun.

Sebelum menjalani final sesungguhnya pada 27 Mei mendatang, The Catalans dan Alaves akan saling berhadapan di La Liga Primera pada akhir pekan ini (11/2). Laga tersebut akan dilangsungkan di Mendizorrotza.

(din/nds)


NO COMMENTS