The Catalans – The Catalans sukses mendatangkan Nelson Semedo dari Benfica. Pemain dengan posisi bek kanan itu dinilai mempunyai kualitas setara Dani Alves.

Semedo ditebus Barca dari Benfica dengan nilai transfer yang ditaksir mencapai 30 juta euro. Pemain berusia 23 tahun itu dikontrak lima musim ke depan.

Semedo diharapkan jadi resolusi di sisi kanan penjagaan Barca. Musim lalu, posisi fullback kanan Azulgrana diisi oleh Sergi Roberto, yang sejatinya seorang pemain tengah. Sementara stok bek kanan yang ada, Aleix Vidal, malah sering cedera.

Semedo bukan target satu-satunya Barca untuk mengisi posisi bek kanan. Sebelumnya, mereka mengincar fullback kanan The Gunner, yang merupakan jebolan La Masia, Hector Bellerin.

Mantan pelatih Semedo, Helder Cristovao, yang menilai tinggi pesepakbola 23 tahun itu. Keduanya bekerja sama saat masih di Benfica B. Dia menyebut Semedo mempunyai kemiripan dengan Dani Alves, bek kanan andalan Barca yang hijrah ke Juventus musim lalu.

“Dia menpunyai kualitas setara Alves. Saya pikir, semua pemain yang dibicarakan banyak orang, termasuk Bellerin, mungkin Semedo yang paling mendekati Alves,” ucap Cristovao seperti dilansir FourFourTwo.

“Nelson pemain yang sangat yakin pada kemampuan dirinya. Dia penyayang keluarga, menikahi pacarnya yang dia kenal di kampung halamannya Sintra dan punya seorang anak berusia setahun.”

“Dia sangat cepat dan Barca bermain dengan struktur yang sangat tinggi, dengan garis penjagaan yang sangat tinggi mencapai 40-45 meter dari penjaga gawang.”

“Dia juga sangat kuat di posisi sayap, bisa melakukan kombinasi apik dengan bek dan di luar jadi saya tidak berpikir kalau dia bakal kesulitan beradaptasi,” sambung Cristovao.

Faktor pelatih juga dinilai Cristovao bakal membantu Semedo. Pelatih Barca musim mendatang, Ernesto Valverde, dianggap punya gaya permainan yang cocok untuknya, daripada Luis Enrique atau Josep Guardiola sekali pun.

“Saya pikir akan lebih mudah bagi Semedo bersama Valverde daripada dengan Luis Enrique atau Guardiola. Valverde punya gaya yang sedikit berbeda untuk penjagaan, dia memberi banyak kebebasan pada para pemain, pada dasarnya sedikit beda dengan Enrique atau Guardiola,” kata Cristovao melanjutkan.

Musim lalu Semedo bermain sebanyak 31 kali di Liga Portugal, mencetak satu gol dan enam assist, melakukan 67 kali clearance, 38 intersep dan enam kali blok.

(cas/fem)


NO COMMENTS