Manchester – Manajer Everton Ronald Koeman mengaku sedikit kecewa dengan hasil seri yang didapatkan timnya di kandang Manchester City. Tapi, Koeman bangga melihat performa The Toffees.

Everton bermain setara 1-1 dengan City di Etihad Stadium, Selasa (22/8/2017) dinihari WIB. Tim tamu lebih dulu memimpin melalui gol Wayne Rooney di babak pertama sebelum City menyamakan kedudukan lewat Raheem Sterling pada menit-menit akhir.

Pada pertandingan ini, City mendominasi total jalannya permainan. Namun, sebuah kelengahan barisan belakang City dimanfaatkan oleh Rooney untuk membawa Everton memimpin.

Setelah itu, Everton harus menghadapi gempuran bertubi-tubi dari City. City bahkan terus menekan meski tunduk jumlah pemain setelah Kyle Walker dikartu merah pada babak pertama.

Tembok Everton akhirnya diruntuhkan oleh City pada menit-menit akhir ketika Sterling memaksimalkan kegagalan Mason Holgate menghalau bola dengan sempurna. Bola sundulan Holgate disambar Sterling dengan tembakan first time untuk mengubah skor menjadi 1-1, yang bertahan hingga laga usai.

“Kami punya rencana permainan dan kami menjalankannya dengan sempurna pada babak pertama. Pada babak kedua, satu kejadian sial untuk Mason membuatnya menyundul bola tepat ke Sterling,” ucap Koeman kepada evertontv.

“Anda mengajari para pemain belakang Anda untuk tidak menyundul balik bola ke dalam kotak penalti. Tapi, itu sulit untuknya. Mungkin dia sedikit didorong oleh (Kevin) De Bruyne saat itu. Itu adalah kejadian sial,” tambahnya.

“Kami sangat menyulitkan mereka, tapi Anda butuh sedikit keberuntungan. Kami punya beberapa kejadian di mana kami beruntung pada babak kedua karena mereka menciptakan satu atau dua peluang bagus. Tapi, kami sangat bagus dalam bertahan dan saya sangat bangga dengan bagaimana tim bermain melawan tim City yang sangat kuat,” tutur manajer asal Belanda itu.

Koeman menyadari bahwa mencuri poin di kandang City bukanlah hal mudah. Tapi, melihat bagaimana timnya berusaha mati-matian untuk meredam City, dia kecewa dengan hasil akhir.

“Kami sedikit kecewa. Setelah meraih poin di sini, itu memang terdengar aneh. Mungkin sebelum pertandingan, Anda akan menerimanya. Tapi, setelah turun minum, ketika itu 11 lawan 10, kami sedikit kehilangan kontrol. Kami terlalu cepat memainkan bola-bola panjang dan bukannya memainkan umpan-umpan pendek untuk menjaga penguasaan bola,” ujar Koeman.

“Tapi, tim bekerja sangat keras. Pada akhirnya, ini hasil yang cukup bagus dan kami harus melihat ke hal-hal positifnya,” katanya.

Everton telah mengumpulkan empat poin dari dua laga Premier League. Mereka kini berada di posisi kedelapan klasemen sementara.

(mfi/cas)


NO COMMENTS