London – Gianfranco Zola tahu benar Antonio Conte dan kualitasnya. Tapi sukses kompatriotnya itu di tahun pertama bersama The Blues cukup mengejutkannya.

Conte langsung mengantarkan The Blues menjadi juara Premier League di musim perdananya yakni 2016/2017 kemarin. Padahal awalnya The Blues cukup kesulitan.

Setelah merangkai tiga kemenangan di awal musim, The Blues tak unggul di tiga laga berikutnya. Mereka tumbang 1-2 dari The Reds di Stamford Bridge lalu dihantam 0-3 oleh The Gunner di Emirates Stadium.

Tapi Conte kemudian melakukan perubahan signifikan. Dia menerapkan pola tiga bek dan merangkai 13 kemenangan berurutan, menorehkan laju yang stabil, hingga akhirnya The Blues juara.

The Blues bahkan bisa saja mengawinkan gelar itu dengan trofi Piala FA, namun harus tumbang dari The Gunner di laga puncak. Meski demikian, sukses cepat Conte di Inggris diakui mengejutkan.

“Saya sudah tahu kemampuannya. Tapi tentu saja melihatnya langsung tampil mengesankan seketika itu sejujurnya mengejutkan,” kata Zola kepada Sky Sports.

“Tapi sekali lagi, itu semua tergantung pada cara dia bekerja. Saya yakin dia bekerja sangat keras di tim, di setiap aspek permainan. Hasilnya pun sudah luar biasa,” imbuhnya dikutip Express.

Zola dan Conte bisa dibilang satu angkatan ketika masih aktif sebagai pemain meski tak pernah satu klub. Zola ngetop bersama Napoli, Parma, dan The Blues, sementara Conte meraih kebintangan di Juventus.

Conte lebih dulu terjun menjadi pelatih, saat menangani Arezzo pada 2006/2007. Dia juga lebih sukses dibandingkan Zola, dengan meraih gelar di Juventus dan The Blues. Sementara tim terbesar yang ditangani Zola adalah West Ham United, sisanya adalah Watford, Cagliari, dan terakhir Birmingham City.

(raw/rin)


NO COMMENTS