Jakarta – Manager Persib Bandung Umuh Muchtar optimis kedua pemain bintangnya Michael Essien dan Carlton Cole bisa bermain dalam laga melawan PS TNI di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (22/4/2017). PT PBB sedang mengurus administrasi keduanya.

“Tenang, hari ini kita selesaikan (administrasi),” kata Umuh usai berziarah ke makam pendiri PSSI Ir R Soeratin di TPU Sirnaraga, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (19/4/2017).

Sebelumnya, Kantor Imigrasi Klas I Bandung meminta Persib Bandung tidak menurunkan Essien dan Cole pada laga melawan PS TNI sebelum keduanya mengantongi KITAS. Hal itu sesaui dengan peraturan tenaga asing yang bekerja di Indonesia.

Pengurusan KITAS memerlukan waktu 11 hari kerja. Sebelum mengurus KITAS, PT PBB selaku penjamin harus lebih dulu mengantongi IMTA yang diterbitkan oleh Kemenaker. Namun, hingga saat ini Essien dan Cole belum mengantongi IMTA.

“Saya optimis mereka (Essien dan Cole) tetap main melawan PS TNI. Saya tanggungjawab, mereka orang baik kok, bukan buron atau orang jahat. Apalagi mereka pemain kelas dunia yang mengangkat nama Indonesia di mata dunia,” lanjut Umuh.

Menurutnya Kantor Imigrasi Klas I Bandung juga tidak akan mempersulit proses pengurusan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) kedua legiun asing tersebut. Terlebih, pihak imigrasi bersedia membantu proses pengurusannya.

“Imigrasi jangan disalahkan, karena mereka mau mendukung juga kok. Wajar mereka marah karena ada pengaduan. Imigrasi itu tegas, dia tindak kalau ada yang merugikan negara,” kata Umuh.

(din/mrp)


NO COMMENTS