Turin – Di atas kertas, peluang Juventus lolos ke perempatfinal Liga Champions lebih besar daripada Porto. Tapi, karena Porto pernah unggul telak di kandang AS Roma, Juventus pun harus tetap waspada.

Juve mengantongi bekal kemenangan 2-0 di kandang Porto di leg pertama, 22 Februari lalu. Kemenangan itu membuat Bianconeri makin difavoritkan untuk lolos ke babak delapan besar.

Pasalnya, Porto punya tugas berat jika ingin membalikkan keadaan. Klub Portugal itu harus mengalahkan Juve dengan selisih minimal tiga gol di Turin, Rabu (15/3/2017) dinihari WIB.

Meski begitu, pelatih Juve Massimiliano Allegri tak mau timnya terlena. Kemenangan telak yang didapat Porto di markas Roma jadi bukti bahwa dalam sepakbola apapun bisa terjadi.

Porto dan Roma bertemu di babak play-off Liga Champions, bulan Agustus lalu. Kedua tim bermain sebanding 1-1 di kandang Porto, tapi Porto justru unggul telak 3-0 di Olimpico.

“Ada banyak risiko, karena yang pertama dan utama ini adalah sebuah laga sepakbola dan sebuah laga sepakbola tak pernah bisa diabaikan,” ujar Allegri di Football Italia.

“Selain itu, Porto akan percaya bahwa mereka bisa main bagus besok. Mereka menunjukkannya dalam playoff dengan Roma di mana mereka memulai dari posisi tidak menguntungkan.

“Mereka adalah tim yang tahu bagaimana untuk menjalani laga-laga seperti ini, dan mereka tahu dengan sangat baik bagaimana untuk memaksimalkan peluang-peluang mereka.

“Jadi, besok kami harus menganggapnya sebagai satu pertandingan saja, tanpa memikirkan keunggulan 2-0, tapi dengan memikirkan dan melakukan hal-hal yang akan memberi kami kemenangan kandang lainnya,” kata Allegri.

(mfi/cas)


NO COMMENTS