Jakarta – Kubu Barca pede membalikkan ketinggalan empat gol saat gantian menjamu Paris Saint Germain. Tapi sepanjang sejarah kompetisi Eropa, belum ada yang berhasil melakukan itu.

Barca takluk 0-4 saat bertamu ke Paris Saint Germain di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Hasil laga tersebut membuat peluang lolos Blaugrana dianggap sangat tipis, meski mereka gantian akan main di kandang pada leg kedua.

Untuk bisa membalikkan keadaan, Lionel Messi dkk harus meraih kemenangan 5-0. Tapi jika PSG bisa mencetak satu gol saja, maka Barca harus melesakkan enam gol.

Luis Suarez, Andre Iniesta, beberapa penggawa Barca sudah menyatakan keyakinan kalau membalikkan keadaan adalah hal yang mungkin dilakukan. Materi pemain yang dipunya Luis Erique memang membuat apapun bisa terjadi di Camp Nou.

Namun jika berpedoman pada sejarah, tidak pernah sebelumnya ada klub yang takluk 0-4 pada leg pertama di laga away bisa membalikkan keadaan. Itu berlaku di semua kompetisi antarklub yang dipunya UEFA (Piala Champions/Liga Champions, Piala UEFA/Liga Europa, Piala Winners).

Dikutip dari situs resmi UEFA, sepanjang sejarah kompetisi antarkub yang mereka punya, ada 58 pertandingan tuntas 4-0 untuk keunggulan tuan rumah di leg pertama.

Bagaimana dengan tiga klub Spanyol lainnya?

Real Madrid meraih kemenangan kandang dengan skor 3-1 atas Napoli. Sepanjang sejarah kompetisi antarklub UEFA, skor tersebut sudah terjadi di 329 pertandingan dan 77,2% di antaranya menghasilkan si pemilik keunggulan yang lolos.

Prosentase yang lebih besar dipunya Atletico Madrid, yang pada leg pertama unggul 4-2 saat melawat ke Bayer Leverkusen. Tercatat ada 29 pertandingan yang pernah berakhir dengan skenario serupa, dan 96,6% menghasilkan si pemilik keunggulan lolos.

Yang terakhir adalah Sevilla, yang unggul 2-1 atas Leicester City di kandang. Tercatat sudah ada 587 pertandingan yang berakhir dengan skor serupa untuk keunggulan tuan rumah di leg pertama. Untuk kelolosan, sebanyak 51,1% menghasilkan tuan rumah leg pertama lolos.

(din/fem)


NO COMMENTS