The Catalans – The Catalans meraih kemenangan besar saat menjamu Sporting Gijon dalam lanjutan La Liga. Tampil sangat dominan, Blaugrana melumat tamunya itu dengan skor 6-1.

Pada pertandingan di Camp Nou, Kamis (2/3/2017) dinihari WIB, Barca langsung panas sejak awal. Lionel Messi membuka pesta gol Barca pada menit kesembilan. Hanya berselang dua menit, gol bunuh diri Juan Rodriguez menggandakan keunggulan mereka.

Sporting sempat memperkecil ketertinggalan mereka melalui gol Carlos Castro pada menit ke-21. Namun, Luis Suarez mengembalikan keunggulan dua gol Barca setelah menjebol gawang Sporting pada menit ke-27. Barca unggul 3-1 saat turun minum.

Pada paruh kedua, Barca mencetak tiga gol tambahan. Pemain pengganti Paco Alcacer menyumbangkan gol pada menit ke-49, disusul Neymar pada menit ke-65 dan Ivan Rakitic pada menit ke-87.

Atas kemenangan ini, Barca untuk sementara mengambil alih puncak klasemen dari tangan Real Madrid. Mereka mengoleksi 57 poin dari 25 laga, unggul dua poin atas Madrid yang baru main 23 kali. Madrid akan kembali ke puncak jika bisa mengalahkan Las Palmas. Adapun Sporting terpuruk di posisi ke-18 dengan 17 poin.

Jalannya Pertandingan

Barca cuma butuh waktu kurang dari sembilan menit untuk membuka skor. Tim tuan rumah unggul berkat gol Messi.

Gol ini tak terlepas dari kepintaran Javier Mascherano, yang mengirimkan umpan lambung untuk membelah lini benteng Sporting. Messi berlari dari belakang untuk menyambut umpan Mascherano dengan sundulan kepala. Meski Ivan Cuellar sudah keluar dari sarangnya, dia gagal menyelamatkan gawang Sporting dari kebobolan.

Hanya berselang dua menit, Barca memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Suarez lolos ke kotak penalti Sporting setelah mendapatkan umpan terobosan dari Neymar. Suarez berhasil memperdaya Cuellar dan mencoba mencetak gol dari sudut sempit. Upaya Suarez itu “dibantu” Rodriguez, yang berusaha menghalau bola tapi malah membelokkannya ke gawang sendiri.

Sporting memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 pada menit ke-21. Carlos Castro dengan mudah menyambar bola muntah setelah sontekan Sergio Alvarez menghantam tiang gawang.

Namun, Barca kembali menjauh setelah Suarez mencetak gol pada menit ke-27. Suarez menyambar bola liar di kotak penalti dengan tembakan voli yang merobek gawang Sporting. Kerasnya tembakan Suarez membuat Cuellar tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawangnya.

Sebuah aksi individu Burgui pada menit ke-42 mengancam gawang Barca. Burgui menusuk lewat sisi kiri dan berhasil memperdaya Sergio Busquets, tapi tembakannya ditepis penjaga gawang Barca, Marc-Andre ter Stegen.

Tak berselang lama, Barca memiliki peluang untuk mencetak gol lewat sebuah serangan balik cepat. Neymar sendirian menggiring bola ke kotak penalti Sporting, namun penyelesaiannya dimentahkan Cuellar.

Pada awal babak kedua, Barca menarik keluar Suarez dan memasukkan Alcacer. Alcacer langsung unjuk gigi dengan menuliskan namanya di papan skor pada menit ke-49. Gol ini berawal dari keberhasilan Messi mencuri bola dari bek Sporting, Jean-Sylvain Babin. Messi kemudian menusuk ke kotak penalti dan mengoperkan bola kepada Alcacer. Alcacer tak menyia-nyiakan kesempatan dan tembakan kaki kirinya membawa Barca memimpin 4-1.

Neymar mencetak gol kelima Barca saat pertandingan memasuki menit ke-65. Pelanggaran terhadap Rakitic berbuah tendangan bebas untuk Barca. Neymar mengeksekusi tendangan bebas tersebut dengan sempurna. Sepakannya melewati pagar hidup pemain Sporting dan tak bisa dihentikan oleh Cuellar.

Rakitic memantapkan kemenangan Barca melalui golnya pada menit ke-87. Dia menyambar umpan dari Sergi Roberto dengan tembakan voli jarak dekat untuk memastikan tim tuan rumah unggul 6-1.

Susunan Pemain
The Catalans: Ter Stegen; Rafinha (Sergi Roberto 74′), Mascherano, Umtiti, Alba; Rakitic, D. Suarez, Busquets; L. Suarez (Alcacer 46′), Messi (Andre Gomes 61′); Neymar

Sporting Gijon: Pichu; Castellano; Babin, Rodriguez, Echiejile; Torres, Alvarez (Vesga 76′), Nacho; Douglas (Victor 46′), Castro, Burgui (Lopez 59′)

(mfi/rin)


NO COMMENTS