Madrid – Real Madrid gagal merebut puncak klasemen dari The Catalans. Madrid berimbang 3-3 dengan tim tamu Las Palmas, dalam laga yang diwarnai kartu merah Gareth Bale.

Bermain di Santiago Bernabeu, Kamis (2/3/2017) dinihari WIB, Madrid mesti bekerja ekstra keras. Usai seimbang 1-1 di babak pertama, Los Blancos kehilangan Bale sedari awal babak kedua.

Isco membuka keunggulan Madrid di menit kedelapan yang dibalas Las Palmas dengan gol Placeres Tanausu dua menit kemudian. Setelah bermain dengan 10 orang, Las Palmas mampu menambah dua gol lain lewat penalti Jonathan Viera dan Kevin Prince-Boateng.

Di lima menit terakhir, Cristiano Ronaldo muncul sebagai penyelamat El Real. Bintang sepakbola Portugal itu membuat dua gol, salah satunya dari penalti untuk memastikan Madrid pulang tanpa tangan hampa.

Kendati demikian, Madrid gagal menggusur The Catalans. Madrid duduk di posisi kedua klasemen dengan 56 poin, tertinggal satu angka dari musuh abadinya itu tapi masih memiliki satu pertandingan sisa. Sedangkan Las Palmas di posisi 12 usai mengoleksi 29 poin.

Jalannya Pertandingan

Saat pertandingan baru berjalan sekitar setengah menit, Alvaro Morata sudah menjebol gawang Las Palmas usai menuntaskan umpan silan Gareth Bale. Tapi gol dianulir karena Morata offside.

Namun, di menit kedelapan gol pembuka Madrid pun tercipta. Mateo Kovacic mengirim umpan terobosan panjang dari lapangan tengah, yang membebaskan Isco dari perangkap offside sehingga berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Javi Varas. Dengan mudah, Isco menceploskan bola ke sudut gawang Las Palmas untuk memimpin 1-0.

Keunggulan Madrid hanya bertahan dua menit. Las Palmas memperlihatkan perlawanannya dengan menciptakan gol balasan di menit 10.

Dari kickoff, Las Palmas membangun serangan dari kiri ke kanan. Pedro Taunausu menerima umpan matang di kotak penalti yang diselesaikan dengan tendangan di tiang dekat. Skor kini 1-1.

Setelahnya, Madrid justru mengalami kesulitan. Madrid tidak mampu membuat peluang bersih sehingga skor hingga babak pertama berakhir tidak berubah.

Hanya dua menit setelah kickoff babak kedua, Madrid justru bermain dengan 10 orang. Bale menerima kartu kuning kedua [kartu merah] setelah menendang Jonathan Viera, lalu menyorong lawannya itu sampai tersungkur.

Foto: Getty Images/Gonzalo Arroyo Moreno

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan betul oleh Las Palmas. Akhirnya di menit 57, Las Palmas berbalik memimpin 2-1, lewat penalti Viera.

Wasit menunjuk titik putih setelah Sergio Ramos dianggap hand ball saat mencoba mengadang sebuah tembakan dari dalam kotak. Viera maju sebagai eksekutor, dan melakukan tembakan ke tengah gawang yang sempat mengenai Navas tapi bola terlalu kencang sehingga tetap masuk ke gawang Madrid.

Las Palmas hanya butuh dua menit untuk memperbesar kedudukan menjadi 3-1 atas Madrid. Sebuah umpan panjang dari belakang diterima Boateng, yang hanya dikawal Marcelo. Navas keluar dari saranganya, tapi Boateng bisa melewati adangan si penjaga gawang dan menjebol gawang Madrid dengan tembakan mendatar di luar kotak penalti.

Di menit 61, kedua tim saling menciptakan peluang. Sepakan voli Ramos hasil menyambut umpan silang menghantam mistar gawang Las Palmas. Serangan balik Las Palmas diakhiri Jese dengan tembakan dari dalam kotak yang memaksa Navas melakukan penyelamatan gemilang.

Madrid kemudian memasukkan Karim Benzema, Lucas Vazquez, dan James Rodriguez untuk memperbaiki daya gedornya. Namun, Las Palmas masih bisa merepotkan di 10 menit terakhir saat Navas menghalau tembakan Jese dalam situasi one on one.

Peluang Madrid masih terjaga setelah wasit menghadiahi penalti menyusul hand ball Dani Castellano. Ronaldo tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk memperkecil skor menjadi 1-3, dengan menyarangkan bola ke sudut atas gawang Las Palmas di menit 86.

Tiga menit berselang, Ronaldo mencetak gol keduanya untuk membawa Madrid menyamakan skor. Dari sepak pojok James, Ronaldo menyambut dengan sundulan terarah tanpa bisa dihentikan Javi Varas.

Susunan Pemain

REAL MADRID: Navas; Dani Carvajal, Nacho, Sergio Ramos, Marcelo; Kroos, Kovacic (Benzema 71′), Isco (Lucas Vazquez 65′); Bale, Morata (James Rodriguez 72′), Ronaldo

LAS PALMAS: Javi Varas; David Simon, Lemos, Bigas (Aythami 27′), Dani Castellano; Vicente Gomez, Roque Mesa, Jonathan Viera (Halilovic 75′); Tana, Boateng (Garcia 69′), Jese

(rin/mfi)


NO COMMENTS