Munich – Thomas Mueller bicara soal produktivitasnya yang rendah musim ini. Untuk penampilannya yang jauh dari kata mengesankan itu, Mueller punya analisisnya sendiri.

Sejauh ini, Mueller baru mencetak empat go di semua ajang di musim ini. Di Bundesliga, ujung tombak Bayern Munich itu malah baru membukukan satu gol dari 15 kali penampilannya.

Catatan tersebut jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Sejak 2012/2013, Mueller tak pernah mencetak kurang dari 20 gol di setiap musimnya.

Ada yang beranggapan Mueller tak cocok dengan skema yang diterapkan oleh Carlo Ancelotti. Dalam formasi 4-2-3-1, pemain berusia 27 tahun itu kerap ditempatkan sebagai ujung tombak sayap.

Mueller menyadari catatan golnya tidak mengesankan. Dia pun punya penjelasan sendiri terkait performanya yang kurang sip itu.

“Statistik gol saya tidak sama dengan beberapa tahun belakangan,” ujar Mueller kepada ESPN FC.

“Ketika tim tidak bermain baik dalam menyerang, itu selalu jadi masalah untuk saya karena saya bukan pemain yang individualistis,” lanjut pemain internasional Jerman itu.

“Saya tidak mengambil bola di tengah lapangan dan menggiringnya melewati enam pemain. Ketika penempatan kami, permainan bola, dan operan kami tidak begitu bagus, maka saya juga kesulitan.”

“Saya bisa mencetak gol dari situasi bola mati dan lain-lain, tapi saya harus terlibat dalam kombinasi, berlari tanpa bola, lewat tengah, dan mengombinasikannya lebih baik, itu juga lebih nyaman untuk saya,” katanya.

(nds/fem)


NO COMMENTS