London – Manajer The Gunner Arsene Wenger mencadangkan Alexis Sanchez akhir pekan lalu. Pundit Jamie Redknapp menyebut keputusan Wenger sebagai “Saat Ruud Gullit”.

Sanchez cuma turun sebagai pemain pengganti di awal babak kedua ketika The Gunners tumbang 1-3 dalam lawatan ke markas The Reds di akhir pekan. Keputusan Wenger tak memasang Sanchez sedari awal pun mengundang pertanyaan.

“Tak langsung memainkan Alexis Sanchez dalam lawatan ke Anfield merupakan saat Ruud Gullit buat Arsene Wenger,” tulis Redknapp dalam kolomnya di Daily Mail.

[Baca juga: Keputusan Mencadangkan Sanchez Berbuah Kekalahan The Gunner dari The Reds]

Mantan pemain tim nasional Inggris yang di antaranya pernah bermain untuk The Reds dan Tottenham Hotspur itu kemudian menjelaskan lebih lanjut makna pengibaratan yang ia maksud.

“Ruud menaruh Alan Shearer di bangku cadangan untuk derby Tyne-Wear pada 1999 dan itu terbukti menjadi penentu kejatuhannya — ia mengundurkan diri tiga hari setelah kekalahan 1-2 itu,” sebut Carragher.

“Ketika situasi berjalan buruk, para manajer bisa melakukan hal ekstrem. Andre Villas-Boas tak memasang Ashley Cole, Frank Lampard, dan Michael Essien di partai leg pertama Liga Champions lawan Napoli, dan di musim penuh terakhirnya ada Brendan Rodgers yang tidak memilih Steven Gerrard untuk lawatan ke Bernabeu.

“Wenger akan merujuk pada fakta bahwa Sanchez cuma dua kali mencetak gol dalam 12 partai tandang The Gunner ketika menghadapi rival-rival enam besar dan cuma membuat dua assist. Tapi ketika Anda memutuskan untuk tidak memainkan pemain terbaik di laga sepenting itu, Anda harus bisa unggul.

Foto: Reuters / Phil Noble

“The Gunner benar-benar sudah menyerahkan nasibnya ke tangan The Reds pada pertandingan hari Sabtu itu dan Wenger bisa saja menyesali keputusan (mencadangkan Sanchez) tersebut,” sebutnya.

(krs/nds)


NO COMMENTS