The Reds – Manchester City belum tampil oke-oke amat di bawah polesan Pep Guardiola. Menurut Manajer The Reds Juergen Klopp, kualitas pemain jadi salah satu penyebabnya.

City mendatangkan Guardiola di awal musim ini lantaran sang pelatih punya segudang prestasi bersama Barca dan Bayern Munich. The Citizens pun diharpkan mampu menuai sukses seperti dua klub tersebut, terutama El Barca.

Akan tetapi, sampai saat ini City belum konsisten. The Citizens pun tersisih dari Liga Champions setelah ant menang agresivitas gol tandang di babak 16 besar dari AS Monaco dalam agregat 5-5.

Di Premier League, ‘Manchester Biru’ juga masih ketinggalan 10 poin dari pemuncak klasemen The Blues untuk duduk di posisi tiga dengan 56 poin — ant menang selisih gol dari Tottenham Hotspur yang punya poin sama di urutan dua.

Nah, akhir pekan ini City akan mendapat ujian dari The Reds. Klopp pun memberi penilaian mengenai kesulitan Guardiola sejauh ini. Menurutnya, salah satunya kendala Guardiola di City adalah karena ia tak memiliki sejumlah pemain dengan kualitas seperti yang ia pernah punya di Barca.

“Kita benar-benar harus membandingkan skuat yang ia miliki. Tim tanpa (Lionel) Messi atau dengan Messi? Tim dengan kehadiran (Andres) Iniesta atau tanpa Iniesta? Tim yang punya Xavi atau tanpanya? itulah perbedaannya,” ujar Klopp seperti dikutip The Independent.

“Anda memang tidak bisa membanding-bandingkan satu pemain dengan yang lainnya. (Tapi) Anda harus melihat apa yang dia (Guardiola) inginkan. Mungkin itulah aspek paling penting jika Anda menilai seorang manajer. Kami bekerja sangat keras di setiap pekan untuk meraih hasil maksimal, tapi saya yakin dia juga melakukan hal yang sama. Di Inggris liga sangat sulit dan ada para pemain berkualitas.

“Sedangkan, di Spanyol selalu ada Real Madrid, dan saya tidak tahu, mungkin Valencia, Sevilla, atau Atletico juga sempat memiliki musim yang bagus. Tapi sisanya tidak cukup bagus untuk menantang Barca,” tutup Klopp.

(krs/krs)


NO COMMENTS