London – The Blues kian nyaman di puncak klasemen Premier League. Mereka berhasil melebarkan jarak dengan rival-rivalnya berkat kemenangan 3-1 atas Swansea City.

Dalam pertandingan di Stamford Bridge, Sabtu (25/2/2017) malam WIB, The Blues mendominasi permainan sejak awal. Kendati memegang kendali permainan, tuan rumah hanya mampu mencetak satu gol lewat sepakan Cesc Fabregas.

Tapi kelengahan lini belakang di penghujung babak pertama berakibat fatal untuk The Blues. Swansea mampu mencetak gol balasan melalui sundulan Fernando Llorente untuk membuat kedudukan sama kuat 1-1 saat turun minum.

The Blues melanjutkan dominasinya di babak kedua. Meski sempat dibuat frustrasi karena sulit menciptakan peluang, The Blues akhirnya mencetak gol di menit ke-71 lewat tendangan Pedro untuk mengembalikan keunggulannya. Gol Diego Costa di menit ke-84 akhirnya menyegel tiga poin untuk The Blues.

Dengan kemenangan ini, The Blues kini mengumpulkan 63 poin dari 26 pertandingan. Untuk sementara ini, pasukan Antonio Conte itu unggul hingga 11 angka dari Manchester City yang ada di urutan kedua.

Jalannya Pertandingan

The Blues langsung menekan sejak awal pertandingan. Tuan rumah melewatkan sebuah peluang di menit kedua setelah tendangan Pedro melambung di atas mistar gawang.

Dominasi The Blues kembali menghasilkan peluang di menit ke-14. Serangan yang dibangun The Blues membuka penjagaan Swansea. Eden Hazard kemudian mengoper bola yang disambut tendangan Cesc Fabregas. Tapi sepakan Fabregas diblok pemain belakang Swansea dan hanya menghasilkan sepak pojok.

The Blues akhirnya membuka keunggulan lima menit kemudian. Pedro yang menerima bola dari Hazard kemudian mengoper kepada Fabregas yang masuk ke kotak penalti. Setelah mengontrol bola, Fabregas kemudian melepaskan sepakan ke arah pojok kanan bawah gawang.

Fabregas hampir menggandakan keunggulan The Blues di menit ke-27. Victor Moses dari sisi kanan mengirim umpan ke dalam kotak penalti yang langsung disambut Fabregas dengan tendangan voli. Tapi Lukasz Fabianski masih bisa menepisnya.

Serangan The Blues kembali membahayakan penjagaan Swansea. Pedro melakukan tekanan hingga ke kotak penalti dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi bola dihalau Alfie Mawson di saat terakhir.

Jelang turun minum, penjagaan The Blues lengah. Fernando Llorente luput dari kawalan barisan belakang The Blues dalam situasi tendangan bebas. Tanpa kawalan berarti, Llorente menyundul bola tendangan bebas Gylfi Sigurdsson untuk menaklukkan Thibaut Courtois.

The Blues langsung merespons di awal babak kedua. Bekerja sama dengan Fabregas, Hazard yang masuk ke kotak penalti kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok bawah. Tapi Fabianski menepisnya.

Fabregas nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-51. Sial bagi Fabregas, tendangan kerasnya meneruskan bola dari Hazard masih menerpa mistar gawang.

The Blues masih dominan di babak kedua. Meski demikian, mereka mulai kesulitan menciptakan peluang.

Kebuntuan selama beberapa menit itu akhirnya dipecahkan oleh Pedro di menit ke-71. Pedro melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kanan gawang Fabianski. Fabiansi sebenarnya bisa menebak arah bola, tapi upayanya justru luput.

Swansea yang tak mendapat banyak peluang akhirnya punya kans lewat sebuah tendangan bebas. Sigurdsson mencoba mengarahkan tendangannya langsung ke gawang, tapi masih bisa digagalkan oleh Courtois.

Sudah mendapatkan kembali keunggulannya tak berarti membuat The Blues mengendur. Tuan rumah masih terus melancarkan serangan. Marcos Alonso menyerang dari sisi kiri dan melepaskan umpan ke tengah kotak penalti. Tapi N’Golo Kante tak mampu mengarahkan tembakannya ke gawang.

Costa lantas menyegel kemenangan The Blues lewat golnya di menit ke-84. Hazard melakukan tusukan dari sisi kiri dan melepaskan umpan tarik yang dituntaskan dengan tendangan first time Costa.

Susunan Pemain

The Blues: Courtois, Azpilicueta, Luiz, Cahill, Moses (Zouma 85′), Kante, Fabregas, Alonso, Pedro (Matic 76′), Costa, Hazard (Willian 85′)

Swansea: Fabianski, Naughton, Fernandez, Mawson, Olsson, Fer, Cork, Carroll (Ayew 76′), Routledge (Narsingh 81′), Llorente, Sigurdsson

(nds/mfi)


NO COMMENTS