Bournemouth – Manchester City mengalahkan Bournemouth dengan skor 2-0 di pekan ke-25 Premier League. Berkat kemenangan tersebut, The Citizens naik ke posisi kedua klasemen.

Manajer City, Pep Guardiola, kembali memasang Willy Caballero di posisi penjaga gawang dan Gabriel Jesus sebagai striker pada pertandingan di Vitality Stadium, Selasa (14/2/2017) dinihari WIB. Guardiola juga menempatkan Fernandinho di posisi yang tak biasa, yaitu bek kiri.

City menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka tim tamu dicetak oleh Raheem Sterling pada menit ke-29.

Tercipta satu gol tambahan pada paruh kedua untuk memperbesar keunggulan City. Gol tersebut merupakan gol bunuh diri bek Bournemouth, Tyrone Mings, pada menit ke-69.

Tambahan tiga angka mengangkat City ke posisi kedua klasemen sementara Premier League dengan 52 poin. Mereka tertinggal delapan poin di belakang The Blues. Adapun Bournemouth menempati urutan ke-14 dengan 26 poin.

Jalannya Pertandingan

City mendominasi penguasaan bola sejak awal, tapi mereka sempat kesulitan untuk menciptakan peluang karena solidnya benteng Bournemouth. City juga kehilangan Gabriel Jesus pada menit-menit awal. Gabriel Jesus cedera dan digantikan oleh Sergio Aguero.

Foto: REUTERS/Peter Nicholls

City nyaris unggul pada menit ke-27 melalui Sterling. Tapi, sontekan Sterling hanya mengenai tiang gawang. Tak berselang lama, tembakan Yaya Toure dari luar kotak penalti masih melenceng tipis.

City benar-benar unggul dua menit kemudian lewat gol Sterling. Gol ini berawal dari ummpan silang Leroy Sane yang berbelok arah setelah mengenai seorang bek Bournemouth. Tapi, hal itu justru menjadi berkah untuk Sterling karena si kulit bundar mengarah kepadanya. Dia pun tak menyia-nyiakan peluang dan sontekannya membawa City memimpin 1-0.

Kalahkan Bournemouth, City Naik ke Posisi DuaFoto: REUTERS/Peter Nicholls

Pada menit ke-30, Joshua King menjebol gawang City setelah memanfaatkan umpan dari Jordon Ibe. Tapi, gol King dianulir wasit karena dia dinilai lebih dulu melanggar John Stones.

David Silva punya kans untuk memperbesar keunggulan City pada menit ke-32, tapi sepakannya bisa diamankan penjaga gawang Bournemouth, Artur Boruc. Percobaan Aguero beberapa saat kemudian juga diantisipasi Boruc dengan relatif mudah.

Keunggulan satu gol yang dimiliki City tak berubah hingga babak pertama rampung.

Bournemouth yang tertinggal tampil lebih ofensif pada menit-menit awal babak kedua. Mereka sering menekan City dan punya peluang bagus pada menit ke-67 melalui tembakan jarak jauh Harry Arter. Tapi, Caballero menunjukkan reaksi yang sangat baik dengan terbang menepis bola.

City menggandakan keunggulannya pada menit ke-69. Sterling melakukan tekanan lewat sisi kiri dan melepaskan umpan mendatar. Aguero yang berdiri di mulut gawang mencocor bola untuk mengubah skor jadi 2-0 untuk keunggulan City. Tapi, belakangan gol ini dinyatakan sebagai gol bunuh diri karena bola lebih dulu mengenai kaki Mings sebelum masuk gawang.

Kalahkan Bournemouth, City Naik ke Posisi DuaFoto: Action Images via Reuters/Matthew Childs

Sane nyaris mencetak gol ketiga City pada menit ke-84. Tapi, tembakannya dari dalam kotak penalti hanya mengenai mistar.

Percobaan Aleksandar Kolarov pada menit ke-87 juga tak berubah gol. Tembakan jarak jauhnya ditepis Boruc.

Di injury time, Sane punya peluang emas lagi. Akan tetapi, tembakannya ke arah tiang jauh masih melenceng.

Susunan Pemain
Bournemouth: Boruc; Smith, Francis (Mings 23′), Cook, Daniels; Surman, Arter, Wilshere (Afobe 45+3′); Ibe (Pugh 77′), King, Fraser

Manchester City: Caballero, Sagna, Stones, Kolarov; Fernandinho, Toure (Otamendi 70′), Silva; Sane, De Bruyne, Sterling (Nolito 90+2′); Gabriel Jesus (Aguero 15′)

(mfi/mrp)


NO COMMENTS