London – Jose Mourinho adalah figur yang mengawali sukses besar The Blues seperti saat ini. Jejak emas itu ingin Antonio Conte ikuti di eranya sebagai manajer ‘Si Biru’.

Mourinho adalah manajer kedua The Blues di bawah pimpinan Roman Abramovic sebagai pemilik klub. Claudio Ranieri memang yang membangun fondasi skuat yang tangguh, tapi Mourinho lah yang membawa The Blues jadi juara Premier League di musim 2004/2005 dan 2005/2006.

Itu adalah dua gelar Premier League pertama The Blues yang diikuti gelar Piala FA dan Piala Liga Inggris. Status The Blues pun naik jadi klub papan atas Eropa.

Setelah Mourinho, The Blues sempat bergonta-ganti manajer meski gelar Premier League tetap didapat bersama Carlo Ancelotti serta tentunya Liga Champions bersama Roberto Di Matteo dan Liga Europa bersama Rafael Benitez.

Mourinho kembali lagi ke klub itu di musim 2013/2014 sebelum membawa The Blues juara liga semusim setelahnya plus Piala Liga Inggris. Sayangnya performa buruk The Blues di awal musim lalu membuat Mourinho dipecat.

Kini The Blues tengah mencoba bangkit bersama Conte sebagai manajer baru mulai musim ini. Laju klub London Barat itu begitu impresif dengan jadi penguasa klasemen saat ini dan unggul 10 poin atas pesaing terdekatnya.

Sementara di Piala FA, Conte sudah membawa The Blues sampai ke perempatfinal. Conte berharap dia juga bisa menyamai atau bahkan melebihi pencapaian Mourinho.

“Tentu saja saya berharap di masa depan saya coba menyamai prestasinya di sini. Saya tahu dia ada di hati semua fans The Blues. Itu hebat karena dia pantas mendapatkannya,” ujar Conte seperti dikutip Sky Sports.

“Saya rasa Jose Mourinho sudah menuliskan prestasi dalam sejarah The Blues. Itu penting dan kita tidak pernah boleh melupakannya. Saya sangat menghormatinya karena dia adalah seorang juara. Saya suka mentalitasnya. Dia punya mental juara,” sambungnya.

“Tentu saja dia adalah salah satu terbaik di dunia dan dia sudah melakukan pekerjaan sangat hebat di sini. Saya rasa semua fans harus menghormatinya,” tutup Conte.

(mrp/krs)


NO COMMENTS