Jakarta – PSSI telah menentukan aturan terkait pemain asing yang akan diterapkan di kompetisi Liga 1. Tidak ada perubahan dalam peraturan tersebut, yaitu 2+1.

Sebelumnya, PSSI memang sudah menyebut bahwa aturan untuk pemain asing adalah 2+1. Dua pemain asing dari non-Asia dan satu asal Asia. Hal itu pun disetujui oleh 18 klub Liga 1 dalam pertemuan yang digelar di Makostrad, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

“Peraturan tetap sama seperti yang sudah saya sampaikan,” ujar Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, kepada wartawan.

Namun begitu, PSSI menerapkan aturan baru yaitu tentang marquee player. Artinya, klub diperbolehkan merekrut satu lagi pemain asing, tapi yang masuk dalam kategori pemain bintang.

“Ada marquee player. Seperti yang sudah dilakukan oleh Persib. Jadi pemain itu dia pernah main di Piala Dunia minimal di tiga edisi terakhir, dia pernah bermain di liga kasta tertinggi di negaranya, liga top dunia. Itu syaratnya, tapi ini tidak wajib, kami tidak memaksakan. Kalau tidak, tidak masalah,” katanya.

Terkait pemain muda, Edy juga mengatakan bahwa masing-masing klub diwajibkan mengontrak lima pemain muda, tiga di antaranya harus dimainkan.

Sementara itu, setiap klub hanya boleh memiliki dua pemain di atas 35 tahun dan sisanya di bawah usia tersebut.

(ads/din)


NO COMMENTS