Jakarta – PSSI memastikan Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018. Tapi PSSI masih menunggu keputusan pelatih timnas terkait susunan tim.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 akan digelar pada 15-23 Juli mendatang di sembilan negara. Kualifikasi nantinya akan dibagi menjadi sembilan grup dengan masing-masing grup diisi oleh empat sampai lima negara.

Untuk pembagian grup, rencananya baru akan digelar pada 17 Maret mendatang. Sementara putaran final Piala Asia U-23 2018 akan dihelat pada 9-27 Januari tahun depan.

Sejauh ini sembilan negara yang akan menjadi tuan rumah kualifikasi adalah Korea Utara, Kirgizstan, Myanmar, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Vietnam.

Dalam kualifikasi nanti Indonesia kemungkinan masuk Pot 2 undian untuk kawasan Asia Timur. Di pot itu terdapat Cina, Vietnam, Myanmar, dan Laos. Artinya Indonesia bisa bertemu negara kuat dari Pot 1, yaitu Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Thailand.

Sekjen PSSI Ade Wellington mengatakan bahwa Indonesia akan ambil bagian di ajang tersebut. Tapi hingga saat ini dia belum mendapatkan kepastian dari Pelatih Luis Milla terkait tim yang bakal dia turunkan.

“By event kami sudah pasti ikut. Tapi tim yang mana kami belum tahu, kami masih menunggu konfirmasi dari Milla apakah tim yang sama (timnas U-22) atau berbeda,” ujar Ade saat dihubungi wartawan, Jumat (3/3/2017).

“Salah satu pertimbangannya karena waktunya mepet dengan SEA Games 2017. Tapi tim peserta di Kualifikasi Piala Asia U-23 juga yang ikut di SEA Games, jadi bisa sekaligus memantau kekuatan lawan. Tapi kami masih menunggu bagaimana rencana pelatih,” katanya.

Timnas U-22 akan tampil di SEA Games 2017 pada 19-31 Agustus mendatang di Malaysia. Sebelum ikut dalam event se-Asia Tenggara itu, skuat ‘Garuda Muda’ juga mengikuti Islamic Solidarity Games 2017 pada 12-22 Mei di Baku, Azerbaijan.

(ads/krs)


NO COMMENTS