Jakarta – Semifinal Piala Presiden 2017 menggunakan sistem home-away. Aturan agresivitas gol tandang diberlakukan pada fase ini.

Di leg pertama semifinal Piala Presiden, Pusamania Borneo FC lebih dulu bertindak sebagai tuan. Mereka rumah menjamu Persib Bandung di Stadion Segiri, Samarinda, pukul 18.00 WIB.

Dalam laga lainnya, Semen Pandang bertindak sebagai tuan rumah dengan menjamu Arema FC di Stadion H. Agus Salim, Padang, pada pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, pada leg kedua yang berlangsung, Minggu 5 Maret 2017, klub yang bermain tandang di leg pertama akan menjadi tuan rumah di leg kedua. Seluruh waktu kick-off pertandingan leg kedua juga akan sama seperti agenda leg pertama.

Dalam babak semifinal ini, PSSI selaku pihak penyelenggara menggunakan aturan gol tandang. Berdasarkan pasal 7 ayat 3, jika dalam dua leg berakhir dengan skor yang setara, tim yang lebih produktif di laga tandang berhak melaju ke laga final.

“Apabila dua tim yang bertanding di babak semifinal mencetak skor akhir (agregat) yang sama setelah bermain di dua pertandingan, tim yang mencetak gol tandang lebih banyak berhak lolos ke babak selanjutnya.”

“Jika hal tersebut tidak terjadi, maka pertandingan dilanjutkan dengan extra time dengan durasi tiap babak 15 menit (berlangsung dua babak). Jika dua tim mencetak jumlah gol yang sama di babak extra time, maka gol tandang dihitung ganda (double) dan tim tamu lolos ke babak selanjutnya. Jika tidak ada gol tercipta di babak extra time maka pertandingan akan dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.”

Untuk tim yang tunduk di babak semifinal, mereka nantinya akan bertanding dalam perebutan juara tiga pada 12 Maret 2017 di Stadion Pakansari Pukul 16.00 WIB. Selanjutnya, Stadion yang terletak di Kabupaten Bogor tersebut akan melangsungkan laga final pada pukul 19.00 WIB di hari yang sama.

(din/din)


NO COMMENTS